Tegar Tengkuk

Sore ini saya mengagumi Bait Elohim di video berdurasi 3 menit yang di buat oleh Temple Institute. Mereka memelihara tradisinya sampai sekarang. Mereka tetap bikin persis seperti nenek moyangnya. Seperti warna yang diperoleh dari siput sigulit, sapi red heiver, Menorah, dll. Semua perlengkapan Bait Elohim mereka siapkan sedetil-detil nya, sebaik-baiknya.

 

Kita tahu benar orang Israel adalah orang yang tegar tengkuk. Seperti dalam Firman-Nya di Keluaran 33:5 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Katakanlah kepada orang Israel: Kamu ini bangsa yang tegar tengkuk. Jika Aku berjalan di tengah-tengahmu sesaatpun, tentulah Aku akan membinasakan kamu. Oleh sebab itu, tanggalkanlah perhiasanmu, maka Aku akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepadamu.”

Tegar tengkuk sendiri dari http://www.sarapanpagi.org/tegar-tengkuk-vt1885.html  :

Keluaran 32:9 LAI Terjemahan Baru (TB), Lagi firman TUHAN kepada Musa: “Telah Kulihat bangsa ini dan sesungguhnya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk.

Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels, וַיֹּאמֶר יְהוָה אֶל־מֹשֶׁה רָאִיתִי אֶת־הָעָם הַזֶּה וְהִנֵּה עַם־קְשֵׁה־עֹרֶף הוּא׃ Translit interlinear, VAYO’MER (dan Dia berfirman) YEHOVÂH (TUHAN) ‘EL-MOSYEH (kepada Musa) RÂ’ÎTÎ (Aku sudah melihat) ‘ET-HÂ’ÂM (umat) HAZEH (ini) VEHINÊH (dan sesungguhnya) ‘AM-QESYÊH-‘OREF (umat-keras-leher) HÛ’ (ia) Bahasa Ibrani ערף – ‘OREF berarti leher, tetapi lebih sering dihubungkan dengan belakang leher alias tengkuk, sedangkan kata קְשֵׁה – QESYÊH berasal dari קשה – QÂSYEH yang berarti keras, sesuatu yang mengakibatkan kesakitan atau penderitaan, tindakan tegas yang diambil dalam penghakiman, kedisiplinan, atau pemerintahan.

Kata קשה – QÂSYEH sendiri berarti keras, seperti menegor dengan keras (membentak), pekerjaan yang keras (berat), hal-hal yang sulit dilakukan. Artinya Bapa menciptakan mereka sebagai orang-orang yang keras, tegas, disiplin. Walaupun dalam pekerjaan yang berat dan keras sampai yang sangat sulit sekalipun mereka akan tetap menjalankannya.

Luarbiasa Bapa menciptakan bangsa ini.. Pertanyaan yang ada pada saya adalah.. Mengapa Bapa menciptakan Israel menjadi orang yang Keras..??? Lalu saya diingatkan dengan anak Harun..

Imamat 10:1-2 (1)

Kemudian anak-anak Harun, Nadab dan Abihu, masing-masing mengambil perbaraannya, membubuh api ke dalamnya serta menaruh ukupan di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN api yang asing yang tidak diperintahkan-Nya kepada mereka. (2) Maka keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan keduanya, sehingga mati di hadapan TUHAN.

Juga diingatkan dengan segala tradisi yang tetap dipertahankannya beribu-ribu tahun lamanya tetap sama. Dari Menorah, siput sigulit, batu penjuru, dll di bait Elohim. Juga hari-hari raya seperti Hanukah, sukkot, dll yang tetap sama dari dulu  sampai sekarang. Api Tuhan dari firman diatas membuat anak-anak Harun mati. Artinya Israel tidak akan pernah membubuhkan api yang lain pada Bait Elohim selain Tuhan yang melakukanNya, karena resikonya besar yaitu kematian.

Orang Israel mengalaminya sendiri dan di catat dalam buku-buku mereka. Dengan begitu orang Israel dengan tegar tengkuknya akan tetap mempertahankan Nama Tuhan yang kudus beribu-ribu tahun salah satunya karena resiko kematian tersebut. Nama Tuhan Israel, Yeshua, tetap terjaga dari dahulu sampai sekarang. Nama yang di naikan di Bait Elohim baik di  Yerusalem maupun di Bait tubuh kita harus tetap di pelihara dari dahulu sampai sekarang, tetap sama tidak berubah sama sekali.

YHWH, Tuhan yang satu, Tuhan Keselamatan, Yeshua Hanatzri Wemelekh Hayehudim. Itulah Nama Tuhan… Yeshua.. Betapa dahsyat nya Bapa.. Menciptakan orang yang tegar tengkuk, keras untuk tetap menaruh NamaNya yang BENAR dan kudus dari dahulu sampai sekarang.. Yeshua..! Amien….

Advertisements

One thought on “Tegar Tengkuk

  1. Diberkatilah Israel/Yakub, …….. Diberkatilah Palestina/Ibrahim, ……… Diberkatilah Dunia, ………
    Semoga ‘Yerusalem Sorgawi’ atau ‘Nuzulul Firdausi’ akan benar-benar diturunkan di muka bumi, ……. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s