Hanukkah 2017 dan Massiakh

Hari Raya Hanukkah atau Hari Raya Pentahbisan 2017 berlangsung dari malam:

Selasa,
12 Desember 2107

Sampai malam:

Rabu,
20 Desember 2017
Festival Pentahbisan, disebut juga dengan Festival Kenisah (Hanukkah) atau Pentahbisan Bait Tuhan  yang dirayakan di Yerusalem pada tanggal 25 Kislew, selama 8 hari. Perayaan ini dimaksudkan untuk memperingati penyucian kembali Bait Tuhan. Pesta ini dirayakan sebagai peringatan Yudas Makabe yang menyucikan dan membangun kembali Kenisah yang sudah dirusak oleh orang-orang bukan-Yahudi, termasuk orang Yunani dari dinasti Antiokhus.[1] Dalam perayaan ini, umat Yahudi berarakan sambil membawa tongkat berhiaskan daun palem, mempersembahkan kurban, dan bernyanyi dengan iringan alat musik.
Kalau kita membaca Yohanes 10 : 22-39, saat itu Yeshua hadir di perayaan Pentahbisan Bait Tuhan atau Hanukkah. Bila Yeshua hadir dalam penggenapanNya menjadi korban tubuh untuk menyelamatkan Manusia maka di Akhir zaman Yeshua pun datang didalam bait suci PutraNya yang diurapi (Massiakh) untuk menggenapi Putranya sebagai Massiakh yang ditunggu-tunggu manusia. Hal ini dapat kita lihat saat Yeshua ber-Firman, dimana Aku (Massiakh) dan Bapa (Yeshua) adalah satu. Kesatuan Bapa dan Anak untuk melanjutkan misi Bapa pencipta memenangkan ciptaanNya dari Neraka (Gehenom).
Massiakh saat itu telah melewati Proses Penyucian, dimana masa 1335 hari, masa kesukaran besar telah dilewatiNya dengan baik. Saat inilah penggenapan terjadi dimana Massiakh akan naik dan ada di tahta dan siap untuk melakukan penebusan terhadap manusia berdosa di zaman Messianik, Zaman Akhir.
Salah satu tanda alam yang menandakan Penyucian Massiakh dapat kita lihat dari phenomena astronomik yang terjadi di langit dimana meteor gemini muncul yang di kenal dengan nama 3200 Phaethon.
Daniel 12:9-13
(4) Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah.”
(5) Kemudian aku, Daniel, melihat, maka tampaklah berdiri dua orang lain, seorang di tepi sungai sebelah sini dan yang lain di tepi sungai yang sebelah sana.
(6) Dan yang seorang bertanya kepada yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu: “Bilakah hal-hal yang ajaib ini akan berakhir?”
(7) Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: “Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!”
(8) Adapun aku, memang kudengar hal itu, tetapi tidak memahaminya, lalu kutanya: “Tuanku, apakah akhir segala hal ini?”
(9) Tetapi ia menjawab: “Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.
(10) Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorangpun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.
(11) Sejak dihentikan korban sehari-hari dan ditegakkan dewa-dewa kekejian yang membinasakan itu ada seribu dua ratus dan sembilan puluh hari.
(12) Berbahagialah orang yang tetap menanti-nanti dan mencapai seribu tiga ratus tiga puluh lima hari.
(13) Tetapi engkau, pergilah sampai tiba akhir zaman, dan engkau akan beristirahat, dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu pada kesudahan zaman.”
 
Yohanes 10:22-39
(22) Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Tuhan di Yerusalem; ketika itu musim dingin.
(23) Dan Yeshua berjalan-jalan di Bait Tuhan, di serambi Salomo.
(24) Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.”
(25) Yeshua menjawab mereka: “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
(26) tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.
(27) Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
(28) dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
(29) Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
(30) Aku dan Bapa adalah satu.”
(31) Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yeshua.(32) Kata Yeshua kepada mereka: “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?”
(33) Jawab orang-orang Yahudi itu: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Tuhan dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Tuhan.”
(34) Kata Yeshua kepada mereka: “Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: Kamu adalah tuhan?
(35) Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut tuhan–sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan–,
(36) masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: Engkau menghujat Tuhan! Karena Aku telah berkata: Aku Anak Tuhan?
(37) Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
(38) tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.”
(39) Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s